Sabtu, 08 Februari 2014





1.    Judul
“Integrasi Teknologi Komunikasi dan Informasi dalam Proses Pembelajaran dan Kesenjangan Penggunaan TIK di Indonesia”
Setelah membaca artikel ini, menurut saya pemilihan judul ini kurang tepat dengan isi dari artikel ini. Isi dari artikel lebih mengarah kepada kesenjangan SDM dan masalah infrastuktur dalam pengintegrasian TIK. Sehingga, hemat saya mungkin lebi tepat kalau judul dari artikel ini adalah “Kesenjangan Integrasi TIK di Indonesia”.

2.    Content
Berdasarkan artikel yang diposting oleh Putriya, menurut saya inilah fakta yang dihadapi oleh negara Indonesia. Dimana ini merupakan tanggung jawab kita, sebagai generasi Indonesia agar mampu menjadi penerang terhadap teman-teman guru kita di segala penjuru Indonesia yang masih belum mampu menggunakan fasilitas ICT agar dapat menggunakannya  dalam proses belajar mengajar, entah itu sebagai media, ataupun cara kita untuk berbagi pengalaman mengenai pendidikan.
Saya sependapat dengan artikel ini yang mana terdapat dua masalah pokok dalam pengintegrasian ICT di Indonesia adalah (1) sumber daya manusia yang belum mencapai tingkatan di era globalisasi dan (2) infrastruktur (biaya yang mahal) yang belum memadai.
Di era globalisasi ini, bukan hanya masyarakat Indonesia yang dituntut untuk mampu menggunakan teknologi, siapapun yang ingin maju dan berkembang, maka menjadi sebuah keharusan adalah mampu bersaing di era ini. Karena era globalisasi ini merupakan era persaingan. Siapa yang mampu bersaing dan menang maka dialah yang maju.
Masalah SDM, dalam hal ini adalah kualitas guru. Guru-guru kita ada yang beranggapan bahwa di jaman mereka sekolah dulu tidak tersedia fasilitas TIK, jadinya banyak di antara mereka yang tidak mampu mengoperasikan komputer, dan perangkat-perangkat lain dalam  ICT. Sehingga dampak dari masalah ini adalah pembelajaran menjadi membosankan. Padahal banyak sekali situs-situs pendidikan yang bisa mereka akses di internet, mereka bisa menambah wawasannya melalui ICT ini, bisa sharing dengan guru-guru lainnya lewat media online.
Masalah infrastruktur, saya pikir ini menjadi tanggung jawab pemerintah kita. Bagaimana kesiapan dan kesanggupan pemerintah dalam mengintegrasikan, memeratakan pembelajaran melalui ICT, demi membangun generasi Indonesia yang melek Tekhnologi.
3.    Penggunaan dan pemilihan kata
Penggunaan dan pemilihan kata dalam artikel ini saya pikir sudah sesuai dengan acuan dalam membuat sebuah artikel, yakni tidak terdapat banyak istilah asing yang mungkin bisa tidak dipahami oleh pembaca. Mengingat yang membaca posting artikel ini adalah siapa saja yang berbeda latar belakang, yag mungkin tingkat pemahaman tiap orang itu berbeda-beda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar